Skip to main content

6 Hal Penting yang Wajib Diketahui Sebelum Beli Asuransi Kesehatan

Asuransi Kesehatan. Hampir dipastikan Anda pernah mendapatkan penawaran produk ini. Bisa dari teman yang profesinya Agen Asuransi, dari bank, maupun dari telemarketing dari berbagai macam perusahaan Asuransi. Sudahkah kamu punya Asuransi Kesehatan?

Belum?

Nah, mungkin penawaran yang masuk ke kamu, belum cukup bisa menjelaskan manfaat pentingnya memiliki asuransi kesehatan. Dalam artikel ini akan membahas pentingnya asuransi kesehatan dan hal penting apa saja yang harus diketahui sebelum membeli produk asuransi kesehatan.

Apa itu Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan adalah asuransi yang memberikan jaminan pertanggungan biaya medis terhadap seseorang yang sudah terdaftar di perusahaan asuransi tersebut. Sederhananya, ketika seseorang sakit dan dirawat, maka pihak asuransi menanggung biaya perawatan sesuai dengan perjanjian di awal kontrak asuransi dibuat.

Seperti yang sudah diketahui bersama, bahwa tagihan rumah sakit itu sangat tinggi. Bahkan di Indonesia, inflasi tahunan biaya rumah sakit hingga mencapai 10% per tahunnya.

Bagi orang yang sudah pernah dirawat di rumah sakit atau menemani kerabat di rumah sakit, biasanya pasti mengerti tentang pentingnya memiliki asuransi kesehatan yang bagus. Tentu kita tidak maujatuh miskin gara-gara jatuh sakit bukan?

Anda wajib mengetahui seluruh manfaat yang didapat sebelum memutuskan untuk membeli produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut adalah 6 hal yang wajib Anda ketahui:

1. Anggaran

Anda wajib mengetahui berapa besar anggaran yang Anda sediakan untuk membayar premi asuransi.

Premi asuransi = Beban

Jangan sampai Anda membeli produk asuransi yang malah membebani finansial Anda. Selalu minta ilustrasi penawaran dari perusahaan asuransi untuk membantu Anda membandingkan antara premi asuransi dan anggaran yang Anda sediakan.

2. Jenis Perawatan

Dalam setiap ilustrasi dari perusahaan asuransi, seharusnya sudah mencantumkan jenis perawatan apa saja yang akan ditanggung. Berikut adalah beberapa jenis perawatan yang ada:

  • Rawat Inap: atau biasanya disebut opname. Adalah proses perawatan pasien di mana pasien diwajibkan untuk menginap di rumah sakit selama proses perawatannya
  • Rawat Jalan: pelayanan kepada pasien tanpa perlu rawat inap. Biaya yang timbul biasanya adalah biaya diagnosa dokter dan obat.
  • Rawat Gigi: pelayanan terkait keluhan gigi.
  • Kelahiran: pelayanan untuk persalinan

Memiliki Asuransi Kesehatan bertujuan untuk meminimalkan risiko finansial yang besar jika terjadi kejadian tak terduga. Maka, prioritas utama adalah Rawat Inap. Karena tagihan Rawat Inap biasanya sangat tinggi dan tidak terencana.

Bagaimana dengan Rawat Jalan, Gigi, maupun kelahiran? Wajib untuk diperhatikan berapa premi tambahan untuk manfaat ini. Jika tinggi, maka sebaiknya manfaat ini tidak dijadikan prioritas.

Ingat, memiliki asuransi adalah untuk meminimalkan resiko kerugian finansial yang besar dan tidak terencana.

3. Sistem dan Mekanisme Pembayaran

Cash PlanHospital Benefit
LayananMemberikan santunan harian jumlah tertentu sesuai dengan lamanya Anda dirawat inapPertanggungan keseluruhan biaya perawatan Rumah Sakit
Mekanisme PembayaranReimbursementCashless
Reimbursement

Lebih baik pilih yang mana? Cash Plan atau Hospital Benefit? Lebih baik memilih yang memiliki kedua manfaat tersebut. Contohnya adalah Asuransi Kesehatan AXA Maestro Optima Care.

Jika Anda rawat inap sudah menggunakan asuransi dari kantor / BPJS, maka Anda bisa claim kepada perusahaan asuransi agar diberikan santunan harian sesuai dengan paket yang diambil.

Jika Anda hanya menggunakan jaminan asuransi, maka bisa menggunakan manfaat Hospital Benefit pembayaran Cashless. Anda tanpa perlu memberikan jaminan uang di awal rawat inap dan tidak mengkhawatirkan seluruh biaya rumah sakitnya

Menarik bukan?

4. Wilayah Pertanggungan

Mayoritas Asuransi Kesehatan akan menawarkan lebih dari satu paket. Salah satu yang membedakan adalah wilayah pertanggungan. Jika Anda memiliki anggaran yang cukup, maka lebih baik pilih yang mencakup perawatan hingga ke luar negeri.

Jangan lupa untuk selalu meminta daftar rumah sakit rekanan perusahaan asuransi tersebut.

5. Asuransi Murni atau Unit Link?

Baik Asuransi Murni atau Asuransi Kesehatan Unit Link memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Penjelasan terkait hal ini sudah dijelaskan pada artikel lain di website ini. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda dan ketersediaan anggaran pembayaran premi asuransi.

6. Masa Tunggu Claim

Setiap Asuransi Kesehatan memiliki masa tunggu tertentu yang harus dilewati sebelum seluruh manfaat perlindungan asuransi dapat digunakan. Selalu tanyakan kepada pihak asuransi:

  • Masa tunggu: berapa lama masa tunggu agar pembayaran klaim dapat dilakukan?
  • Jenis penyakit: Apakah ada jenis penyakit tertentu yang memiliki masa tunggu khusus?
  • Pre Existing Condition: Apakah kondisi penyakit / fisik yang sudah ada sebelum beli asuransi akan ditanggung? Jika ditanggung, berapa lama masa tunggunya?

Asuransi kesehatan bukanlah produk yang familiar untuk setiap orang. Banyak orang tergesa-gesa ketika membeli produk asuransi, sehingga menghasilkan pilihan yang kurang tepat (manfaat sedikit, premi mahal, tidak sesuai kebutuhan)

Jika Anda membutuhkan rekomendasi asuransi yang bisa memberikan manfaat terbaik dari seluruh pertimbangan di atas, maka Asuransi Kesehatan Murni AXA Maestro Optima Care.

Apa saja manfaatnya? Berapa premi tahunannya? Langsung klik gambar di bawah ini dan segera konsultasikan kebutuhan Anda

Informasi Artikel Terkait:

Asuransi Kesehatan Maestro Optima Care

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *