Skip to main content
Asuransi Kesehatan Dan Asuransi Jiwa Mana Yang Lebih Penting?

Asuransi Kesehatan Dan Asuransi Jiwa Mana Yang Lebih Penting?

Asuransi jiwa dan asuransi kesehatan mana yang lebih penting dan harus didahulukan? Mungkin banyak yang bertanya mengenai hal ini ketika akan mendaftar menjadi nasbah asuransi. Bingung ya menentukan pilihan antara kedua produk tersebut? Jika hal demikian, maka sebaiknya Anda simak informasi dari Kami. Kami akan memberikan informasi bagaimana memudahkan Anda untuk memilih asuransi yang tepat digunakan.

Anda perlu tahu asuransi jiwa dan asuransi kesehatan merupakan jenis dua produk yang berbeda. Keduanya begitu penting digunakan untuk perlindungan diri dari berbagai resiko. Jika Anda bingung menentukan apa yang kiranya tepat untuk Anda gunakan, Kami akan berikan informasi petunjuk agar tidak salah memilihnya.

Pengertian Asuransi Kesehatan Dan Asuransi Jiwa

Dilihat dari pengertiannya terlebih dahulu, asuransi kesehatan merupakan produk asuransi yang dapat memberikan jaminan biaya kepada pemegang polis apabila mengalami gangguan kesehatan. Baik gangguan kesehatan karena sakit ataupun karena kecelakaan. Asuransi tersebut dapat menanggung biaya rumah sakit seperti biaya rawat inap, biaya dokter, biaya obat hingga biaya yag diperlukan untuk operasi. Dalam hal ini pastinya harus sesuai dengan syarat yang tertera.

Sementara itu, asuransi jiwa merupakan produk asuransi yang dapat menanggung kerugian finansial apabila nasabah tersebut meninggal. Besarnya tanggungan diberikan pihak asuransi kepada ahli waris nasaba tergantung dari besaran premi yang dibayarkan oleh nasabah sebelumnya. Misalnya yang terjadi kecelakaan adalah suami, maka asuransi diberikan kepada istri atau anak.

Hal yang perlu Anda ketahui, semakin muda Anda membeli asuransi maka premi yang akan dibebankan kepada Anda akan lebih murah. Disamping itu, semakin lanjut usia saat mengambil asuransi maka manfaat yang diterima juga akan disesuaikan dengan resiko penyakit yang mungkin timbul. Dilihat dari manfaatnya, kedua produk asuransi tersebut sama-sama bermanfaat.

Baca dulu : Yakinkah BPJS Cukup Tanpa Asuransi Kesehatan?

Bagaimana Menentukan Asuransi Yang Tepat Untuk Sendiri?

Untuk memperoleh asuransi yang tepat sesuai kebutuhan, bisa disesuaikan dengan keadaan sekarang. Misalnya Anda saat ini masih lajang dan Anda bekerja dengan gaji yang mapan maka Anda bisa pilih asuransi jiwa. Namun jika Anda bekerja namun perusahaan hanya memberikan fasilitas reimburse untuk masalah kesehatan, maka bisa mempertimbangkan menggunakan asuransi kesehatan.

Beda halnya bila Anda sudah berkeluarga, kemudian Anda ingin memberikan warisan kepada suami, istri atau anak Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan asuransi jiwa. Jika sudah menemukan produk asuransi apa yang akan diambil, selanjutnya tidak ada alasan lagi untuk Anda menunda untuk membeli asuransi.

Keuntungan Memiliki Asuransi Kesehatan Dan Asuransi Jiwa

Lepas dari definisi asuransi kesehatan dan asuransi jiwa diatas, pada dasarnya keduanya memberikan banyak keuntungan yang bisa dirasakan bagi tertanggung. Berikut keuntungan yang didapatkan jika Anda memiliki asuransi :

Keuntungan Memiliki Asuransi Kesehatan

  • Membantu Pengelolaan Keuangan

Pembayaran premi wajib dilakukan setiap bulan membuat nasabah asuransi serta merta dalam membantu pengelolaan keuangan Anda. Karena Anda akan terlatih untuk menyisihkan bukan menyisakan sebagian penghasilan ke dalam tabungan asuransi. Membayar premi setiap bulan juga dapat membantu mengalokasikan penghasilan. Sehingga alokasi dana jauh lebih berguna di masa depan dibandingkan membelanjakan hal yang tidak penting.

  • Membiayai Pengobatan Dan Perawatan Selama Sakit

Kita tidak tahu kapan terserang penyakit dan berapa biaya yang perlu ditanggung. Dengan adanya asuransi kesehatan, maka seluruh biaya yang diperlukan untuk rumah sakit, obat, kunjungan dokter hingga operasi akan dibayarkan oleh pihak asuransi.

  • Transfer Risiko

Tertanggung asuransi kesehatan hanya perlu membayar premi yang relatif kecil untuk memperoleh keuntungan yang lebih besar. Pasalnya seorang atau perusahaan dapat memindahkan ketidakpastian atas hidul dan harta bendanya yang termasuk resiko ke perusahaan asuransi.

Keuntungan Memiliki Asuransi Jiwa

  • Memberi Jaminan Perlindungan Dari Risiko Tak Terduga

Kita tidak tahu apa yang akan terjadi dengan masa depan. Untuk itu, membekali diri dengan asuransi jiwa dapat memberi jaminan perlindungan yang mungkin tidak untuk Anda tapi untuk orang yang ditinggalkan.

  • Tabungan Masa Depan

Asuransi jiwa juga dapat berperan sebagai tabungan masa depan, karena jumlahnya dapat dikembalikan dalam jumlah yang lebih besar dari premi yang dibayarkan setiap bulan. Tabungan tersebut dapat bermanfaat untuk keluarga juga anak-anak apabila Anda sudah berkeluarga. Bagi yang belum berkeluarga, tabungan tersebut juga dapat dialirkan kepada ahli waris. Pengembalian uang pertanggungan yang diberikan pihak asuransi mencapai 100% bahkan sampai 200%.

  • Menutup kerugian

Saat mengalami kecelakaan, atau  terdapat anggota tubuh yang cacat dan tidak berfungsi untuk bekerja maka tidaklah mungkin. Kemungkinan buruk yang terjadi adalah meninggal dunia. Melalui asuransi jiwa, maka Anda akan menutup kerugian tersebut.

Bila Anda masih bingung produk mana yang paling tepat untuk Anda gunakan, sebaiknya Anda konsultasikan kepada pihak agen asuransi. Agen asuransi akan merekomendasikan produk yang tepat berdasarkan kebutuhan Anda. Konsultasikan segera dan hubungi Kami sekarang !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *