Skip to main content

Saya Tidak Butuh Asuransi

Nawarin asuransi? Maaf, saya sudah ada asuransi. Duh. Saya ga ada uang untuk bayar asuransi. Asuransi? Pasti mau nipu nih. Dan beberapa alasan lainnya. Intinya adalah, saya tidak butuh asuransi. Benarkah demikian?

Asuransi itu apa?

Pasti sudah sering kita ketahui apa itu asuransi. Asuransi adalah perlindungan terhadap individual untuk menghindari dampak kerugian finansial akibat resiko hidup

Risiko hidup pasti akan dialami oleh semua manusia. Hanya saja, kita belum pernah tahu kapan resiko tersebut akan datang. Yang menjadi pertanyaan, apakah kita sudah siap jika risiko tersebut datang?

Risiko seperti apa?

Setiap manusia, pasti akan mengalami resiko seperti:

  • Sakit – sakit adalah hal yang lumrah terjadi pada setiap manusia. Bagaimana jika sakit yang diderita hingga mewajibkan kita dirawat di rumah sakit? Jika membutuhkan tindakan operasi? Tentu resiko ini membutuhkan biaya yang besar.
  • Meninggal – hal yang pasti dialami oleh setiap manusia. Apa yang dapat kita tinggalkan untuk keluarga? Lebih baik meninggalkan hutang atau uang warisan yang layak untuk keluarga?
  • Kecelakaan – mungkin ini salah satu resiko yang tidak pasti didapatkan setiap orang. Namun, salah satu resiko ini adalah cacat tetap hingga meninggal. Bagaimana jika kita tidak dapat lagi bekerja untuk memenuhi keluarga kita?

Terdengar sangat pesimis. Namun bisakah Anda menjamin 100% hari esok, tahun depan, 5 tahun depan tidak terkena risiko tersebut?

Di sinilah manfaat utama asuransi. Ibarat sedia payung sebelum hujan. Ketika langit sudah mendung, apakah pasti terjadi hujan? Belum tentu. Namun, tentunya sudah lebih baik kita sedia payung daripada basah kuyup karena kehujanan.

Mengapa Saya Butuh Asuransi?

Asuransi ini bukan tentang kita sendiri. Asuransi ini untuk keluarga yang kita sayangi.

Misalnya untuk suami sebagai pencari nafkah utama. Jika terjadi salah satu dari 3 resiko di atas, apakah tega melihat anak istri terlantar? Bagaimana dengan biaya sekolah anak hingga lulus Perguruan Tinggi? Cicilan rumah yang masih belum selesai?

Contoh lain, Jika terjadi resiko Sakit hingga membutuhkan biaya yang cukup besar, apakah Anda sudah menyiapakan dananya? Jika dana belum ada, sudahkah Anda rela menggunakan pos dana yang mungkin sudah Anda siapkan untuk liburan bersama keluarga, dana pendidikan Anak, atau yang paling pahit mencari pinjaman?

Jadi, selagi Anda masih muda, sehat, dan produktif, yuk mulai lindungi diri sendiri dan keluarga dengan Asuransi. Pelajari dengan baik penawaran produk asuransi yang Anda terima. Dan satu yang paling penting, sesuaikan dengan budget dan kebutuhan Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *